SENDAL, GHASAB, DAN KEHILANGAN YANG TIDAK MENYEDIHKAN

Mungkin ini bukan sebuah kisah yang menyenangkan untuk diingat.
Menydihkan, gak terlalu juga.
Memalukan, pastinya

Ceritanya sih sederhana. Dimulai dari suatu hari
suatu waktu
suatu pagi
Waah... lelet banget nih mukaddimahnya. Ya udah, langsung aja.
Jadi ceritanya di hari yang cerah itu, ade pergi bersama anak2 FLP aceh lain ke sebuah acara. peresmian gedung escape building yang baru dibangun di Aceh. Acaranya seru banget (cukup deh, untuk anak2 FLP yang gak pergi: jangan ngiri!). Semua yang hadir kelihatan intelek. Ada wartawan, pengamat media, pegawai negeri, jurnalis asing, dll.
Di situ ada puisi dari anak-anak SD, tarian dari sanggar anak cacat, bahkan tarian aceh dari anak2 TK. Wah, seru banget! dilanjutkan dengan pameran, trus naik satu demi satu tangga hingga sampai ke atap gedung itu
Dari situ kami bisa melihat laut. Waah indahnya! subhanallah...

Sekedar informasi, gedung escape building itu dibangun di Uleelhee. Tepatnya di dekat kuburan massal, sebagai langkah evakuasi untuk keadaan bencana, terutama tsunami. dari tanya-tanya sih, gedung 4 lantai yang dibangun oleh BRR dan TDMRC (Tsunami & Disarter Mitigation Research Center) ini memang memiliki ketahanan luar biasa terhadap guncangan gempa dan hantaman gelombang. Jadi wajar jika gedung ini didirikan dekat sekali dengan laut. Mungkin hanya berkisar 100 meter dari pantai.

Tapi cerita kali ini bukan tentang gedung itu lho. sayang ade juga gak punya fotonya. yang ada cuma foto2 acaranya. Lihat aja di foto ya!

Kejadian yang memalukannya berawal dari waktu shalat ashar. dari insiden ada dari rombongan kami yang mendadak sakit, hingga mushalla yang dijadiin ruang pertemuan pejabat hingga tidak bisa digunakan untuk shalat lagi (soalnya kotor banget dan penuh bekas sepatu), akhirnya kami bisa shalat juga. Lalu waktu pulang... semua udah pake sepatu atawa sendal, ade baru nyadar SENDAL ADE HILANG!!!

Duh, masa sih di gedung yang baru dan dipenuhi orang2 intelektual, wartawan dan pejabat ada pencuri sendal sih. masya Allah...
Emang sih sendal ade tuh mirip sendal bapak2. Gak ada ciri2 bahwa tuh sendal punya cewek. Tapi kan kita tetap gak boleh nyuri sendal orang seenaknya! bahkan ghasab (minjam tanpa ijin) aja gak boleh kan?

Yang lebih memalukannya, kami jadi perhatian bapak2 petinggi TDMRC yang baru siap rapat dan mau pulang itu. Ditanyai macam2, kok bisa hilang sendalnya, duh... rasanya ade pingin ngilang!

Kan gak mungkin pulang tanpa sendal? masa ade harus nginap di sini semalam sih? hiks
Akhirnya datang seorang abang yang baik hati. Entah karena kasihan sama rombongan FLP yang udah keliatan capai, atau kasihan lihat wajah ade yang udah memelas, akhirnya tuh abang kasih pinjam sendalnya.
Well... itulah oleh2 dari peresmian escape building: sendal cowok hitam merek Bata (mungkin)
Sama rasa malu yang membukit
Dan hikmah
Ya, hikmah yang mungkin ade dapatkan dari perkataan seorang senior FLP, kak Mar, "Itu artinya, lain kali ade disuruh pake sendal cewek!"
Duuh... disuruh sama siapa nih?
Masa Allah ngurusin sendalku?

Eh, gak ding. Pasti Allah tahu sesuatu yang tidak ade ketahui dari hikmah memakai sendal cewek.

Mungkin...

Hmm... Sendal ade hilang, trus sekarang harus belajar pake sendal cewek?
Ngebayangin sendal berhak, bertali-tali, ribet waktu make, ribet waktu buka tuh sendal

TIDAAAK!!

Wah, tiba2 ade jadi ingat, masih harus balikin tuh sandal orang yang kemarin dipinjemin

0 comments: